Etika dan Moral dalam TIK

1. Penipuan

Saya punya teman di jejaring sosial Twitter. Dia ingin membeli tas melalui online shop. Setelah dia mentransfer uang sebesar RP 600.00,- barang yang ia beli tak kunjung sampai. Berkali-kali ia coba menghubungi si penjual, namun nihil.

Etika dan Moral: Sebaiknya dalam berjualan, kita sebagai si penjual harus bersikap jujur dan sesuai dengan janji.

2. Hacker

Facebook saya pernah di hacking oleh seseorang yang saya tidak kenal. Keesokan harinya Facebook saya bisa di buka kembali, tetapi keadaannya sudah berubah. Terdapat banyak “tulisan” aneh. Akhirnya saya memutuskan untuk menghapus akun Facebook saya tersebut.

Etika dan Moral: Sebaiknya kita jangan pernah menghacking akun orang lain apalagi dengan hanya alasan sekedar iseng-iseng saja. Dari iseng-iseng itulah dapat berakibat fatal.

3. Cybercrime

Banyak sekali kriminalitas yang terjadi pada dunia maya. Seperti penculikan maupun pembunuhan. Dulu pernah ada berita tentang seorang gadis yang sedang chatting dengan pria yang tidak kenal. Pria itu mengajak sang gadis untuk bertemu. Namun 2 hari kemudian keberadaan gadis itu hilang. Setelah berhari-hari,ternyata sang gadis itu di perkosa lalu setelah itu dibunuh.

Etika dan Moral: jika kita ingin mempunyai teman lewat jejaring sosial lalu ingin bertemu boleh saja, tetapi harus dengan tindakan yang benar. Lalu bagi orang-orang yang diajak, jangan mudah begitu saja untuk menerima. Teliti lebih dahulu orang yang mengajak kita baik-baik.

4. Cyberbullying

Beberapa teman saya sering sekali membully orang lain di jejaring sosial. Apalagi orang tua mereka sendiri dengan menggunakan kata-kata yang tercela.

Etika dan Moral: Jika kita sedang kesal dengan orang lain, jangan memperlihatkannya di jejaring sosial. Lebih baik tulis saja di buku Diary.

5. Perbanyakan Ciptaan

Saat SMP teman saya pernah di “copy” tugasnya oleh teman saya yang lain. Tugas itu harus di publish di blog, karena teman saya yang lain tidak tahu harus menulis apa, akhirnya diam-diam mengambil dari teman saya yang sudah mengerjakan tugasnya. Dia mengumpulkan tugas tersebut lebih awal dari teman saya. Akkhirnya teman saya terpaksa di hukum.

Etika dan Moral: Lebih baik jangan meniru tulisan orang lain. Jika kita tidak mengerti, kita bisa bertanya pada orang yang lebih mengerti. Karena ciptaan sendiri itu lebih baik daripada mengambil dari orang lain

6. Penjualan Perempuan di Jejaring Sosial

Banyak sekali saya temukan di jejaring sosial terutama Facebook, yang menjual “perempuan”.

Etika dan Moral: Sebagai perempuan/wanita, sebaiknya jangan melakukan hal yang seperti itu. Hal yang  seperti itu tidak baik untuk diri wanita itu sendiri dan masa depannya nanti

Categories: Assignment | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Etika dan Moral dalam TIK

  1. mantap dan ok, lanjutkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: