E. Topologi Jaringan (Bentuk Jaringan)

  • Topologi Jaringan mesh (web)

Pada topologi jaringan mesh, semua komputer yang terhubung adalah sentral atau node. Setiap komputer sentral ini terhubung secara penuh. Setiap komputer harus menyediakan jumlah saluran yang dibutuhkan oleh komputer sentral lainnya dengan jumlah saluran yang dibutuhkan oleh setiap komputer dihitung dengan rumus jumlah sentral dikurang 1 (n-1, n=jumlah sentral), sedangkan kebutuhan kabel untuk seluruh komputer dihitung dengan rumus (nx(n-1))/2. Kelemahan topologi jaringan ini adalah kurang ekonomis dan relatif mahal dalam pengoperasiannya. Semakin banyak jumlah sentral, maka tingkat kerumitan dalam saluran semakin tinggi.

Gambar dari Topologi Jaringan Mesh

  • Topologi Jaringan star

Topologi jaringan star hanya memiliki satu komputer sebagai sentral. Setiap komputer dalam jaringan dihubungkan ke komputer server secara langsung atau melalui hub dengan tingkat kerumitan lebih ringan dibandingkan dengan topologi mesh. Keunggulannya adalah memiliki bandwidth atau lebar jalur komunikasi yang lancar karena setiap komputer mempunyai kabel sendiri dan bila terjadi gangguan pada salah satu kabel, maka workstasion yang bersangkutan saja yang mengalami gangguan dengan server. Kelemahannya adalah membuat komputer sentral memiliki beban yang cukup berat yang memungkinkan terjadinya kerusakan atau gangguan pada komputer sentral. Selain itu, jaringan jenis ini membutuhkan banyak kabel.

Gambar dari Topologi Jaringan Star

  • Topologi Jaringan bus

Dalam topologi bus, komputer yang berfungsi sebagai server dan workstasion dihubungkan oleh kabel tunggal atau kabel pusat. Keunggulannya adalah mudah dalam menambah workstasion baru tanpa mengganggu workstasion lain. Kelemahannya bila terjadi gangguan kabel pusat, maka seluruh jaringan dalam workstasion akan terganggu.

Gambar dari Topologi Jaringan Bus

  • Topologi Jaringan ring

Dalam jaringan ring, komputer sentral dihubungkan dengan komputer sentral lainnya atau workstasion lainnya sehingga membentuk lingkaran jaringan. Informasi hanya diterima bila sesuai dengan alamat server atau workstasion dan bila tidak sesuai dengan alamat server atau workstasion, informasi akan dilewatkan. Keunggulannya, pada topologi ring tidak akan terjadi tabrakan data karena hanya satu node yang dapat mengirimkan data pada satu saat pengiriman. Kelemahannya, setiap node akan menerima informasi dan mengelolanya untuk selanjutnya diterima atau dilewatkan, sehingga bila terjadi gangguan pada salah satu node, maka seluruh jaringan akan terganggu.

Gambar dari Topologi Jaringan Ring

Categories: Assignment | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: