D. Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang terhubung dan dapat berbagi sumber daya yang dimilikinya, seperti printer, CD-ROM, pertukaran file dan komunikasi secara elektronik antar komputer. Jenis jaringan komputer terbagi dalam dua klasifikasi, yaitu berdasarkan teknologi transmisi dan berdasarkan jarak.

a. Jenis jaringan komputer berdasarkan teknologi transmisi

  • Jaringan broadcast

Jaringan ini menggunakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan semua komputer atau mesin yang digunakan pada jaringan ini secara bersama-sama. Data yang berukuran kecil dalam paket dikirimkan oleh satu mesin dan akan diterima oleh mesin-mesin lainnya yang terhubung dengan jaringan. Mesin yang menerima paket tersebut akan mengecek alamat tujuan paket. Bila paket tersebut ditujukan kepada mesin yang menerima, maka paket akan diproses tetapi bila ditujukan kepada alamat mesin lain, maka mesin akan mengabaikan paket tersebut.

  • Jaringan point-to-point.

Jaringan ini terdiri atas beberapa komputer atau mesin-mesin yang seringkali harus memiliki banyak rute karena jaraknya berbeda. Dalam mengirimkan paket dari satu mesin sumber ke suatu tujuan, paket jenis jaringan ini harus melalui mesin perantaranya yang bisa melalui banyak rute.

b. Jenis jaringan komputer berdasarkan jarak

  • Local Area Network (LAN)

Jaringan ini disebut sebagai jaringan area lokal, yaitu jaringan yang terbatas untuk area kecil, seperti pada lingkungan perkantoran di gedung, sekolah, atau kampus. Fungsinya adalah untuk memberikan layanan perangkat lunak (software), mengatur aktivitas jaringan dan menyimpan file. LAN mempunyai ukuran yang terbatas yang berarti sewaktu transmisi data terburuknya dapat diketahui sebelumnya sehingga memudahkan pengaturan jaringan. Teknologi transmisi yang biasa digunakan adalah transmisi kabel tunggal. Pada LAN biasa atau tradisional, kecepatan transmisi sekitar 10-100 Mbps (megabit per sekon) dengan delay rendah (sekitar puluhan mikrosekon) dan faktor kesalahan kecil.

Gambar dari LAN

  • Metropolitan AreaNetwork (MAN)

Jaringan ini mempunyai area jaringan lebih luas daripada LAN atau disebut sebagai jaringan Area Metropolitan yang menjangkau antar wilayah dalam satu provinsi. Teknologi MAN mampu mendukung data dan suara, dan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. Standar yang ditentukan dalam arsitektur MAN menggunakan standar DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standard IEEE (Institut of Electricals and Electronic Engineer).

Gambar dari MAN

  • Wide Area Network (WAN)

Jaringan ini mencakup geografis dengan luas area yang mampu menjangkau batas provinsi, bahkan sampai negara yang ada di belahan bumi lainnya. Komunikasi dan transformasi data dapat dilakukan dalam beberapa menit antar komputer dari beberapa wilayah atau dari beberapa negara dengan menggunakan perangkat mesin atau komputer yang disebut sebagai host. Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi. Subnet membawa pesan dari host ke host lainnya. Topologi yang digunakan WAN biasanya topologi tak menentu.

Gambar dari WAN

Categories: Assignment | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: